Sunday 21 June 2015

Tugas Soft Skill Bahasa Indonesia (Membuat CV)

  DATA PRIBADI
Nama : Ndaru Aditya
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 26 Desember 1994
Alamat : Jl. Pondok Ungu Permai
Alamat Email : daruadityaa@gmail.com
Telepon : 0812345789
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Agama : Islam
Status : Belum menikah
Tinggi / Berat badan : 172 cm / 60 kg
Kesehatan : Baik Sekali
Kewarganegaraan : Indonesia

DATA PENDIDIKAN

SD : SD Negeri 01 Bekasi, 1994 – 2000
SLTP : SLTP Negeri 02 Bekasi 2000 – 2003
SMA : SMA Negeri 01 Bekasi, 2003 – 2006
Perguruan Tinggi : Universitas Gunadarma, 2009-2013
Fakultas / Jurusan : Ilmu Komputer / Sistem Komputer S1
Konsentrasi : Sis

PRESTASI
2008 : Pemenang Lomba Dota Tingkat Nasional
2009 : Juara 1 TOEFL Tingkat Provinsi


KEMAMPUAN
Presentasi dan Komunikasi
Aplikasi dan Program Komputer (Microsoft Office)
Aplikasi Website, dan Blog

HOBBY

Internet (Browsing, Blogging and Web developing)
Mendengarkan Musik (instrument, musik klasik, pop dan Nasid)
Membaca (Buku Motivasi dan Agama)
Olahraga (Badminton)

 

 

CV YANG BAIK ?

Menurut saya berdasarkan fungsi dari cv tersebut yaitu untuk memperkenalkan diri anda secara tidak langsung (tertulis) mengenai data personal dan latar belakang pendidikan anda kepada pihak perusahaan yang dituju. Maka dari itu, surat lamaran dan CV sangat dianjurkan dibuat semenarik mungkin, baik dari segi isi surat maupun kemasannya. 


KESALAHAN YANG SERING TERJADI DALAM WAWANCARA KERJA !

jadi dalam wawancara kerja disini bukan hanya dibutuhkan CV yang baik,tentu saja memerlukan wawancara kerja tersebut pula menentukan diterima atau tidak nya pada perusahaan yang anda tuju. berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam wawancara kerja :

1. Penampilan

kenapa penampilan ? ,karna hal pertama yang akan dilihat oleh pihak HRD yaitu penampilan anda. sepintar anda atau sebanyak apapun keahlian anda,apabila penampilan anda tidak lah sesuai atau sopan maka orang dapat menilai anda dari luar atau penampilan anda.


2. Terlalu banyak bicara tentang gaji

Kesalahan lain yang sering terjadi saat menjalankan proses wawancara kerja yaitu pelamar tidak bisa mengungkapkan hal apa yang ia inginkan terkait karir di perusahaan yang di lamar. Bukanya mengungkapkan keahlian yang dimiliki serta tanggung jawab yang nantinya akan ditanggung, banyak diantaranya pelamar kerja yang malah langsung membicarakan perkara gaji. Dan secara tidak langsung hal ini akan melemahkan kemampuan yang Anda miliki jika Anda terus menerus membicarakan perkara gaji yang akan Anda peroleh.

3. tidak tahu apapun tentang perusahaan yang anda lamar

Anda harus memastikan kalau Anda mengetahui jelas terkait sejarah perusahaan serta bagaimana cara kerja perusahaan tersebut. Sebab Anda akan sangat terlihat bodoh jika Anda tidak mengetahui berapa lama perusahaan yang akan Anda lamar berdiri, bisnisnya di bidang apa dan siapa pesaingnya.


CARA MENJAWAB PERTANYAAN DENGAN BAIK SAAT WAWANCARA KERJA !

berikut ini adalah cara dalam menjawab pertanyaan dengan baik saat wawancara kerja yaitu :

1. Ciptakan kesan pertama yang baik


ketika mendapatkan sebuah panggilan kerja,maka ada beberapa hal penting yang harus anda persiapkan. Tujuannya jelas: untuk menciptakan kesan pertama yang baik,yang akan membuka peluang anda untuk mengikuti proses seleksi berikutnya. mempersiapkan diri sebaik munfkin adalah pilihan yang tak bisa ditawar.

2. Cerdas menjawab ketika diwawancara


hati - hati jika anda terlalu banyak bicara saat sesi wawancara kerja berlangsung. salah - salah,anda akan dicap sebagai si cerewet yang kurang percaya diri. bahkan, lebih daripada itu, anda akan kehilangan kesempatan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya. jangan gugup saat di wawancara dan berikan jawaban yang relevan dengan apa yang ditanyakan,jawablah dengan singkat,pahami setiap pertanyaan dan perhatikan bahasa tubuh.

3. Bertanyalah, saat anda diwawancarai


ketika mengikuti sesi wawancara kerja di sebuah perusahaan. seringkali anda juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. tanyakan lah hal - hal seputar perusahaan dan posisi yang anda lamar. pertanyaan anda itu akan memberikan kesan: anda cukup tertarik dengan perusahaan yang sedang mewawancarai anda.

Sumber : http://tipstriksib.blogspot.com.tr/2013/01/tips-dan-kiat-cara-sukses-menghadapi-tes-wawancara-kerja-interview.html
http://www.tonfeb.com/2014/12/contoh-surat-lamaran-kerja-cv-terbaru-terbaik.html

0 comments:

Post a Comment