Tuesday, 26 March 2013

Pengertian Open Office Calc

Openoffice.Org Calc atau dikenal dengan sebutan CALC saja adalah Perangkat lunak pengolah data angka, teks ataupun formula numerik. Program ini memudahkan pengguna untuk memanipulasi data mentah yang biasanya berupa tabulasi data menjadi sebuah laporan data yang menarik dan mudah dipahami karena ditampilkan menjadi grafik yang menarik.


A. Ikon pada Standar Toolbar Keterangan:

1. New, untuk menampilkan atau membuat lembar kerja baru
2. Open, untuk membuka file dari lembar kerja yang telah di simpan di komputer atau media lain
3. Save, untuk menyimpan lembar kerja yang telah di buat
4. Email, untuk mengirimkan lembar kerja melalui e-mail
5. Edit File, untuk mengubah data file
6. Eksport Directly as PDF, untuk mengubah file menjadi bentuk PDF
7. Print, untuk mencetak hasil pekerjaan
8. Print Preview, untuk menampilkan hasil pekerjaan sebelum di cetak
9. Spelling, untuk spelling, atau membetulkan ejaan(spelling)
10. AutoSpellcheck, untuk membetulkan ejaan secara otomatis
11. Cut, untuk menduplikasi sel/gambar/objek dengan menghapus sel/gambar/objek lama
12. Copy,untuk membuat duplikasi isi sel atau gambar/objek
13. Paste,untuk menampilkan hasil duplikasi
14. Format Painter,untuk memberikan warna pada isi sel
15. Undo,untuk membatalkan perintah
16. Redo,untuk mengembalikan perintah yang telah dibatalkan
17. Insert Hyperlink,untuk menampilkan lembar kerja ke website/internet
18. Sort Ascending,untuk mengurutkan data dari kecil ke besar atau dari abjad awal ke akhir
19. Sort Descending,untuk mengurutkan data dari besar ke kecil atau dari abjad akhir ke awal

B. Ikon pada Formating Toolbar Keterangan:

1. Font, untuk mengganti jenis huruf
2. Font size, untuk mengubah ukuran huruf dalam cell
3. Bold, mengubah tampilan huruf menjadi tebal
4. Italic, untuk mengubah tampilan huruf menjadi miring
5. Under line, untuk mengubah tampilan huruf menjadi garis bawah.
6. Align Left,untuk mengubah tulisan dalam cell menjadi rata kiri
7. Center,untuk mengubah tulisan dalam cell menjadi rata tengah
8. Align Right,untuk mengubah tulisan dalam cell menjadi rata kanan
9. Justify,untuk mengubah tulisan dalam cell menjadi rata kanan dan kiri
10. Merge and Center,untuk menggabungkan cell,dua atau lebih kolom dan baris menjadi satu dan tulisan di dalamnya menjadi rata tengah
11. Percent Style,membuat tampilan huruf dalam cell menjadi persentase
12. Increase Decimal,menambah angka di belakang koma pada tampilan bilangan decimal
13. Decrease Decimal,untuk mengurangi angka di belakang koma pada tampilan bilangan decimal
14. Increase Indent,untuk menambah jarak paragraph
15. Decrease Indent,untuk mengurangi jarak paragraph
16. Border,untuk menambah border/garis sebagai bingkai cell
17. Fill Colour,untuk menambah warna pada isi cell...

0 comments:

Post a Comment