PENDAHULUAN
Seiring berkembangnya teknologi, semua pekerjaan yang
kita lakukan tidak bisa lepas dari computer, hampir segala bidang menggunakan
computer. Baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, maupun dunia kerja yang
menggunakan computer sebagai alat pemroses transaksi dan lain –lain.
Fasilitas – fasilitas yang disediakan computer sangat memudahkan kita. Namun apakah kita mengetahui apa saja dan bagaimana sebuah computer beroperasi ?
Pemrosesan computer merupakan dasar – dasar atau langkah bagaimana sebuah computer bekerja dan apa saja yang di perlukan sebuah computer untuk dapat beroperasi sesuai dengan perintah user sedangkan arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur Van neumann, CISC, RISC, blur Gene, dll. Dalam bahasan ini akan di jelaskan hal – hal mengenai arsiktektur computer, dan software.
Fasilitas – fasilitas yang disediakan computer sangat memudahkan kita. Namun apakah kita mengetahui apa saja dan bagaimana sebuah computer beroperasi ?
Pemrosesan computer merupakan dasar – dasar atau langkah bagaimana sebuah computer bekerja dan apa saja yang di perlukan sebuah computer untuk dapat beroperasi sesuai dengan perintah user sedangkan arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur Van neumann, CISC, RISC, blur Gene, dll. Dalam bahasan ini akan di jelaskan hal – hal mengenai arsiktektur computer, dan software.
Unit
Input :
Unit Input/Output (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan
dengan dunia luar.
Unit
input adalah
unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya data yang
berasal dari keyboard atau mouse. Sementara unit
outputbiasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain
untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang
akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.
Bagian
input (masukan) dan juga keluaran (output) ini juga memerlukan sinyal kontrol,
antara lain untuk baca I/O (Input/Ouput Read [IOR]) dan untuk tulis I/O (Input/Output
Write [IOW]).
Input
Unit
Input unit
adalah suatu jenis
perangkat yang berfungsi untuk menerima data dariluar, lalu mengendalikan sinyal (data) yang masuk ke dalam suatu unit
prosesoruntuk diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan informasi
yang dibutuhkan.Singkat kata,
input unit
adalah media bagi data
dari luar untuk memasukikomputer.Beberapa
input unit
yang
sering ditemukan, dan akan dibahas cara kerjanya, adalah:
•Papan ketik (keyboard)
•Tetikus (Mouse)
•Pemindai (scanner)
•Kamera digital
Jenis Keyboard
Berdasarkan
susunan atau layout
tombolnya, papan ketik
dapat dibagi menjadibeberapa jenis, dengan dua yang sangat dikenal,
yaitu:
• QWERTY: susunan tombol yang paling umum ditemukan. Namanyaberasal
dari enam huruf yang berada di pojok kiri barisan paling atas, Q,W, E, R, T, dan Y. Susunan ini jugalah yang
digunakan oleh mesin ketik. Terdapat beberapa jenis papan ketik QWERTY
yang dimodifikasiberdasarkan bahasa setempat, seperti di Perancis, Swedia, dan
lainnya.Sebagian besar pengguna QWERTY menggunakan susunan standarAmerika
Serikat. Juga terdapat susunan QWERTZ yang tidak begituberbeda: hanya
saja posisi Y dan Z ditukar, dan terdapat beberapaperubahan simbol pada tombol. Biasanya QWERTZ digunakan di Jermandan
negara lain di bagian tengah Eropa
• DSK:
Dvorak Simplified
Keyboard
mengambil namanya
dari penciptanya,August Dvorak.
Aransemen tutsnya disusun berdasarkan frekuensidigunakannya suatu
huruf (yang lebih sering digunakan diberikan posisiyang memudahkan penekanan tombolnya), dan
dimaksudkan untukmengurangi rasa lelah dari mengetik. Papan ketik Dvorak
ditujukan padapengguna bahasa Inggris, namun kini beberapa versi untuk
penggunabahasa lain sudah ada Terdapat
beberapa jenis susunan tombol papan ketik lain seperti Colemak danNeo,
serta susunan yang khusus untuk digunakan telepon seluler
touchscreen
dengan
stylus
(FITALY,
ATOMIK), dan beberapa susunan original komersil lainnya(Maltron, PLUM) yang
jarang digunakan.Beberapa papan ketik juga menggunakan alfabet non-Latin,
seperti dalam huruf Yunani, Arab, Armenia, Ibrani, serta Rusia, yang
disusun serupa dengan
layout
papan
ketik QWERTY. Juga terdapat beberapa papan ketik yang memiliki huruf Latin
dan
non-Latin
dengan susunan yang berbeda dengan QWERTY, sepertidalam bahasa Jepang dan Cina (Zhuyin,
Cangjie, Dayi, dst.). Juga terdapat papanketik dengan tombol tambahan
seperti papan ketik multimedia, yang memilikitombol khusus untuk mengakses
music dan program lain yang sering digunakan.
PERBANDINGAN ANTARA SUSUNAN TOMBOL
QWERTY
(ATAS) DENGAN
DVORAK
(BAWAH)
Selain papan ketik
standar, juga terdapat beberapa tipe papan ketik dengankegunaan atau kelebihan yang unik, seperti papan ketik:
•Chorded
:
keyset, atau papan ketik
chorded
, menghasilkan simbol
atauperintah yang diinginkan dengan menekan beberapa tombol sekaligus,
seperti membunyikanchord
pada piano. Dengan jumlah tombol yang lebihsedikit
dari papan ketik biasa, papan ketik jenis ini dapat digunakan hanyadengan
satu tangan, dan ukuran kecilnya juga berguna untuk alat yangruangnya terlalu kecil untuk papan ketik standar
•Virtual: memproyeksikan gambar papan ketik ukuran nyata pada
suatupermukaan. Sensor yang terdapat pada
projection unit
dapatmengidentifikasikan tombol mana yang telah
“ditekan” dan mengopersinyalnya ke komputer. Juga terdapat komputer
on-screen
yang munculpada layar
monitor dan tombol ‘ditekan’ dengan mengklik, dan papanketik
touchscreen
yang dapat ditekan
langsung pada layar
Nirkabel
(wireless): papan ketik jenis ini biasanya menggunakan kombinasitransmitter dan receiver yang
tersambung padaport papan ketik
dikomputer. Yang biasa digunakan adalah teknologi
radio frequency
(RF)seperti Bluetooth di mana transceiver bisa
dirakit ke dalam komputernyasendiri, atau inframerah. Papan ketik nirkabel
memberikan mobilitas lebihpada pengguna namun membutuhkan
baterai untuk bekerja
• Laser/Inframerah: bisa memproyeksikan susunan
papan ketik padapermukaan rata apapun menggunakan laser. Penekanan suatu
tomboldapat dideteksi menggunakan inframerah. Papan ketik
wireless
memberikan
mobilitas lebih pada penggunanya, namun membutuhkan baterai
Central Processing Unit (CPU)
Bagian ini
berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer, dan
dikarenakan itu, CPU juga disebut sebagai otak dari komputer. Selain dari pada
itu, CPU juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan pelbagai pengolahan
data. Pekerjaan engolahan data diantaranya: mencatat, melihat, membaca,
membandingkan, menghitung,mengingat, mengurutkan maupun membandingkan.
Dalam bekerja,
fungsi dari CPU terbagi menjadi :
Internal
Memory/Main Memory, berfungsi untuk me-nyimpan data dan program. ALU
(Arithmatic Logical Unit), untuk melaksanakan perbagai macam perhitungan. Control
Unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi computer.
Peralatan Output.
Output yang dihasilkan pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk, yaitu : tulisan, image, suara, dan bentuk yang hanya dapat di baca dan dimengerti komputer. Tiga yang pertama adalah output yang dapat dipergunakan langsung oleh manusia, sedangkan yang ke empat digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya atau sebagai input komputer yang lain.
Output yang dihasilkan pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk, yaitu : tulisan, image, suara, dan bentuk yang hanya dapat di baca dan dimengerti komputer. Tiga yang pertama adalah output yang dapat dipergunakan langsung oleh manusia, sedangkan yang ke empat digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya atau sebagai input komputer yang lain.
Alat output
dapat berbentuk :
- Hard
copy, alat yang digunakan untuk mencetak tulisan, angka, karakter khusus
dan simbol serta image pada media hard (keras) seperti misalnya kertas
atau film. Misalnya Printer, Plotter, COM (Computer Output Microform)
- Soft
copy, alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan, image pada media soft
(lunak) yang berupa sinyal elektronik. Misalnya video display, flat planel
display, speaker.
Software
Perangkat lunak (software) adalah satu atau kumpulan dari beberapa program. Perangkat lunak terbagi perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
Perangkat lunak sistem melaksanakan tugas-tugas dasar yang diperlukan semua pemakai komputer yang berhubungan dengan perangkat keras. Perangkat lunak ini disediakan oleh pembuat perangkat keras atau oleh perusahaan yang mengkhususkan diri dalam membuat perangkat lunak.
Perangkat lunak (software) adalah satu atau kumpulan dari beberapa program. Perangkat lunak terbagi perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
Perangkat lunak sistem melaksanakan tugas-tugas dasar yang diperlukan semua pemakai komputer yang berhubungan dengan perangkat keras. Perangkat lunak ini disediakan oleh pembuat perangkat keras atau oleh perusahaan yang mengkhususkan diri dalam membuat perangkat lunak.
Ada 3 jenis
dasar perangkat lunak sistem: sistem operasi, penterjemah bahasa dan program
utility.
Perangkat lunak aplikasi adalah program yang dibuat oleh pemakai menggunakan bahasa pemrograman untuk memecahkan masalah khusus seperti:
Perangkat lunak aplikasi adalah program yang dibuat oleh pemakai menggunakan bahasa pemrograman untuk memecahkan masalah khusus seperti:
Database
Era Database
Sebelum era database ditandai dengan
Era Database
Sebelum era database ditandai dengan
- Sumber
data dikumpulkan dalam file-file yang tidak terhubung satu dengan lainnya
- Setiap
aplikasi memiliki/merancang file data sendiri
- Memiliki
kelemahan: duplikasi data, ketergantungan data, kepemilikan data tersebar
Untuk
memecahkan masalah di atas dilakukan dengan cara pengorganisasian data secara
fisik dan mengarah ke organisasi logis. Organisasi fisik (logical
organization), mengintegrasikan data dari beberapa lokasi fisik yang berbeda dan
merupakan cara pemakai melihat data. Organisasi fisik (physical organization),
merupakan cara komputer melihat data sebagai file-file yang terpisah.
- .Konsep database Merupakan integrasi logis dari catatan-catatan dalam banyak file.
Database adalah suatu koleksi data komputer yang terintegrasi,
diorganisasikan dan disimpan dalam suatu cara yang memudahkan pengambilan
kembali.
Tujuan utama dari konsep database:
1. Meminimumkan pengulangan data
2. Independensi data
3. Inkonsistensi data
4. Pemakaian bersama
Hirarki data :
- Field Record
- File
- Database
Unit
Penyimpanan Primer (Primary Storage)
CPU mencakup satu unit penyimpanan yang disebut
Primary Storage, yang berisi data yang sedangdiolah, yaitusuatudaftarinstruksi
yang mengolah data. Istilah Software digunakanuntukmenggambarkansatuataubeberapa
program aplikasi. Control Unit, membuat unit bekerjasamauntukmembuatsuatu
system. Arithmetic Logical Unit,
tempatberlangsungnyaoperasiperhitungandanlogika. Nama Processor,
digunakanuntukmenggambarkanisi Control Unit dan ALU yang mengolahisi
“Penyimpanan Primer”.
Karenapenyimpanan primer terbataskapasitasnya,
diperlukansuatu area penyimpanantambahan yang disebutdengan
“PenyimpananSekunder” yang menyediakantempatuntukmenyimpan program dan data
saattidakdiperlukan. Program yang disimpan Software Library, Data yang disimpan
Database, danHasilPengolahantersebutdicatatoleh Unit Output.
BentukPenyimpanan Primer :
-
RAM (Random Access
Memory), untukmenyimpan software dan data. Memungkinkanoperasibacamaupuntulis,
tetapijugadisebut Volatile, isinyahilangsaatdimatikan.
-
ROM (Read-Only Memory),
jeniskhususpenyimpanan primer yang dapatdibacatetapitidakdapatditulis. ROM
menyimpan material sepertiinstruksi-instruksi yang memberitahukan computer apa
yang harusdilakukansaatdinyalakan. Bersifat Non-Volatile,
isinyatidakterhapus/hilangsaatdimatikan.
-
Cache Memory,
perpindahaninstruksi program dan data antaraPenyimpanan Primer dan Processor
(Control Unit dan ALU) dicapaipadakecepatan yang sangattinggi. Sejumlah
computer mampumencapaikecepatan yang sangantinggidenganmenyertakan RAM khusus
yang sangatcepatdansanganmahal yang ditempatkanantara RAM Biasadan Processor.
RAM jenisinidikenalsebagai Cache Memory.
Software
Perangkat lunak terbagi menjadi dua yaitu:
Perangkat Lunak Sistem
a. Perangkat lunak yang
melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.
b. Ada tiga jenis
dasar perangkat lunak sistem :
A. Sistem Operasi,
berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data
perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada enam fungsi dasar sistem operasi
:
1. Menjadwalkan Tugas
2. Mengelola sumber daya
perangkat keras dan perangkat lunak
3. Menjaga keamanan sistem
4. Memungkinkan pembagian
sumber daya untuk beberapa pemakai
5. Menangani Interrupt
6. Menyiapkan catatan
pemakaian
B. Program Utility,
suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan
operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi
pemakai tertentu.
C. Penerjemah Bahasa
Komputer
D. Bahasa Generasi Pertama,
Bahasa Mesin (machine language)
E. Bahasa Generasi Kedua,
Assembler
F. Bahasa Generasi Ketiga,
Compiler dan Interpreter
G. Bahasa Generasi Keempat,
Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan
computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan. Di Bawah ini yang
termasuk kedalam generasi bahasa keempat :
1. Database Query Language
2. Modelling Language,
khusus dirancang untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
3. Very High Level Language
: PASCAL, APL
4. Graph Generators : paket
grafik
5. Report Writer : COBOL,
RPG
6. Aplication Generators :
program aplikasi pembayaran gaji
Perangkat Lunak Aplikasi
Pemrograman Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial informasi
untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi
kebutuhan unit perusahaan.
Paket Jadi
Ada empat kelompok besar :
1. Paket Aplikasi Bisnis
Umum
2. Paket Aplikasi Khusus
Industri
3. Paket Aplikasi
Peningkatan Produktivitas Organisasi
4. Paket Peningkatan
Produktivitas Perorangan
PERANAN PERALATAN INPUT DAN OUTPUT SERTA
SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH
Keseluruhan komponen perangkat input,
output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam
pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu
dengan yang lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses
penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik
sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas
organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi
data.
KESIMPULAN
Dalam sebuah computer terdapat
komponen-komponen yang saling mendukung agar dapat terjadinya suatu pemrosesan
data yang di input menggunakan alat input dan di tampilkan menggunakan alat
output.Disamping itu sebuah system operasi mempengaruhi sebuah pemrosesan di
CPU karena system operasi sama halnya dengan otak pada manusia yang mengatur
segala proses input output dan penyimpanannya.
0 comments:
Post a Comment