Monday 18 March 2013

Tugas KSI







PENDAHULUAN

Seiring berkembangnya teknologi, semua pekerjaan yang kita lakukan tidak bisa lepas dari computer, hampir segala bidang menggunakan computer. Baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, maupun dunia kerja yang menggunakan computer sebagai alat pemroses transaksi dan lain –lain.
Fasilitas – fasilitas yang disediakan computer sangat memudahkan kita. Namun apakah kita mengetahui apa saja dan bagaimana sebuah computer beroperasi ?

Pemrosesan computer merupakan dasar – dasar atau langkah bagaimana sebuah computer bekerja dan apa saja yang di perlukan sebuah computer untuk dapat beroperasi sesuai dengan perintah user sedangkan
arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur Van neumann, CISC, RISC, blur Gene, dll. Dalam bahasan ini akan di jelaskan hal – hal mengenai arsiktektur computer, dan software.



























Unit Input :

Unit Input/Output (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan dengan dunia luar.
Unit input adalah unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya data yang berasal dari keyboard atau mouse. Sementara unit outputbiasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.
Bagian input (masukan) dan juga keluaran (output) ini juga memerlukan sinyal kontrol, antara lain untuk baca I/O (Input/Ouput Read [IOR]) dan untuk tulis I/O (Input/Output Write [IOW]).

Input Unit

Input unit
adalah suatu jenis perangkat yang berfungsi untuk menerima data dariluar, lalu mengendalikan sinyal (data) yang masuk ke dalam suatu unit prosesoruntuk diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan informasi yang dibutuhkan.Singkat kata,
input unit
adalah media bagi data dari luar untuk memasukikomputer.Beberapa
input unit
yang sering ditemukan, dan akan dibahas cara kerjanya, adalah:

Papan ketik (keyboard)
Tetikus (Mouse)
Pemindai (scanner)
Kamera digital


Jenis Keyboard

Berdasarkan susunan atau layout
tombolnya, papan ketik dapat dibagi menjadibeberapa jenis, dengan dua yang sangat dikenal, yaitu:
QWERTY: susunan tombol yang paling umum ditemukan. Namanyaberasal dari enam huruf yang berada di pojok kiri barisan paling atas, Q,W, E, R, T, dan Y. Susunan ini jugalah yang digunakan oleh mesin ketik. Terdapat beberapa jenis papan ketik QWERTY yang dimodifikasiberdasarkan bahasa setempat, seperti di Perancis, Swedia, dan lainnya.Sebagian besar pengguna QWERTY menggunakan susunan standarAmerika Serikat. Juga terdapat susunan QWERTZ yang tidak begituberbeda: hanya saja posisi Y dan Z ditukar, dan terdapat beberapaperubahan simbol pada tombol. Biasanya QWERTZ digunakan di Jermandan negara lain di bagian tengah Eropa





• DSK:
Dvorak Simplified Keyboard
mengambil namanya dari penciptanya,August Dvorak. Aransemen tutsnya disusun berdasarkan frekuensidigunakannya suatu huruf (yang lebih sering digunakan diberikan posisiyang memudahkan penekanan tombolnya), dan dimaksudkan untukmengurangi rasa lelah dari mengetik. Papan ketik Dvorak ditujukan padapengguna bahasa Inggris, namun kini beberapa versi untuk penggunabahasa lain sudah ada Terdapat beberapa jenis susunan tombol papan ketik lain seperti Colemak danNeo, serta susunan yang khusus untuk digunakan telepon seluler
touchscreen
dengan
stylus
(FITALY, ATOMIK), dan beberapa susunan original komersil lainnya(Maltron, PLUM) yang jarang digunakan.Beberapa papan ketik juga menggunakan alfabet non-Latin, seperti dalam huruf  Yunani, Arab, Armenia, Ibrani, serta Rusia, yang disusun serupa dengan
layout
papan ketik QWERTY. Juga terdapat beberapa papan ketik yang memiliki huruf Latin
dan
non-Latin dengan susunan yang berbeda dengan QWERTY, sepertidalam bahasa Jepang dan Cina (Zhuyin, Cangjie, Dayi, dst.). Juga terdapat papanketik dengan tombol tambahan seperti papan ketik multimedia, yang memilikitombol khusus untuk mengakses music dan program lain yang sering digunakan.
Description: http://htmlimg1.scribdassets.com/tabk8ei4gcogqs/images/3-970b5016f7.jpg
PERBANDINGAN ANTARA SUSUNAN TOMBOL
QWERTY
(ATAS) DENGAN
DVORAK
(BAWAH)









Selain papan ketik standar, juga terdapat beberapa tipe papan ketik dengankegunaan atau kelebihan yang unik, seperti papan ketik:
Chorded
: keyset, atau papan ketik
chorded
, menghasilkan simbol atauperintah yang diinginkan dengan menekan beberapa tombol sekaligus,
seperti membunyikanchord pada piano. Dengan jumlah tombol yang lebihsedikit dari papan ketik biasa, papan ketik jenis ini dapat digunakan hanyadengan satu tangan, dan ukuran kecilnya juga berguna untuk alat yangruangnya terlalu kecil untuk papan ketik standar

Virtual: memproyeksikan gambar papan ketik ukuran nyata pada suatupermukaan. Sensor yang terdapat pada
projection unit
dapatmengidentifikasikan tombol mana yang telah “ditekan” dan mengopersinyalnya ke komputer. Juga terdapat komputer
on-screen
yang munculpada layar monitor dan tombol ‘ditekan’ dengan mengklik, dan papanketik
touchscreen
yang dapat ditekan langsung pada layar



Nirkabel (wireless): papan ketik jenis ini biasanya menggunakan kombinasitransmitter dan receiver yang tersambung padaport papan ketik dikomputer. Yang biasa digunakan adalah teknologi
radio frequency
(RF)seperti Bluetooth di mana transceiver bisa dirakit ke dalam komputernyasendiri, atau inframerah. Papan ketik nirkabel memberikan mobilitas lebihpada pengguna namun membutuhkan baterai untuk bekerja

Laser/Inframerah: bisa memproyeksikan susunan papan ketik padapermukaan rata apapun menggunakan laser. Penekanan suatu tomboldapat dideteksi menggunakan inframerah. Papan ketik
wireless
memberikan mobilitas lebih pada penggunanya, namun membutuhkan baterai





Central Processing Unit (CPU)
Bagian ini berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer, dan dikarenakan itu, CPU juga disebut sebagai otak dari komputer. Selain dari pada itu, CPU juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan pelbagai pengolahan data. Pekerjaan engolahan data diantaranya: mencatat, melihat, membaca, membandingkan, menghitung,mengingat, mengurutkan maupun membandingkan.
Dalam bekerja, fungsi dari CPU terbagi menjadi :
Internal Memory/Main Memory, berfungsi untuk me-nyimpan data dan program. ALU (Arithmatic Logical Unit), untuk melaksanakan perbagai macam perhitungan. Control Unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi computer.

Peralatan Output.
Output yang dihasilkan pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk, yaitu : tulisan, image, suara, dan bentuk yang hanya dapat di baca dan dimengerti komputer. Tiga yang pertama adalah output yang dapat dipergunakan langsung oleh manusia, sedangkan yang ke empat digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya atau sebagai input komputer yang lain.
Alat output dapat berbentuk :
  1. Hard copy, alat yang digunakan untuk mencetak tulisan, angka, karakter khusus dan simbol serta image pada media hard (keras) seperti misalnya kertas atau film. Misalnya Printer, Plotter, COM (Computer Output Microform)
  2. Soft copy, alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan, image pada media soft (lunak) yang berupa sinyal elektronik. Misalnya video display, flat planel display, speaker.

Software
Perangkat lunak (software) adalah satu atau kumpulan dari beberapa program. Perangkat lunak terbagi perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
Perangkat lunak sistem melaksanakan tugas-tugas dasar yang diperlukan semua pemakai komputer yang berhubungan dengan perangkat keras. Perangkat lunak ini disediakan oleh pembuat perangkat keras atau oleh perusahaan yang mengkhususkan diri dalam membuat perangkat lunak.
Ada 3 jenis dasar perangkat lunak sistem: sistem operasi, penterjemah bahasa dan program utility.
Perangkat lunak aplikasi adalah program yang dibuat oleh pemakai menggunakan bahasa pemrograman untuk memecahkan masalah khusus seperti:
Database
Era Database
Sebelum era database ditandai dengan
  • Sumber data dikumpulkan dalam file-file yang tidak terhubung satu dengan lainnya
  • Setiap aplikasi memiliki/merancang file data sendiri
  • Memiliki kelemahan: duplikasi data, ketergantungan data, kepemilikan data tersebar
Untuk memecahkan masalah di atas dilakukan dengan cara pengorganisasian data secara fisik dan mengarah ke organisasi logis. Organisasi fisik (logical organization), mengintegrasikan data dari beberapa lokasi fisik yang berbeda dan merupakan cara pemakai melihat data. Organisasi fisik (physical organization), merupakan cara komputer melihat data sebagai file-file yang terpisah.
  1. .Konsep database Merupakan integrasi logis dari catatan-catatan dalam banyak file. Database adalah suatu koleksi data komputer yang terintegrasi, diorganisasikan dan disimpan dalam suatu cara yang memudahkan pengambilan kembali.
Tujuan utama dari konsep database:
1.      Meminimumkan pengulangan data
2.      Independensi data
3.      Inkonsistensi data
4.      Pemakaian bersama
Hirarki data :
  1. Field Record
  2.  File
  3.  Database




Unit Penyimpanan Primer (Primary Storage)

CPU mencakup satu unit penyimpanan yang disebut Primary Storage, yang berisi data yang sedangdiolah, yaitusuatudaftarinstruksi yang mengolah data. Istilah Software digunakanuntukmenggambarkansatuataubeberapa program aplikasi. Control Unit, membuat unit bekerjasamauntukmembuatsuatu system. Arithmetic Logical Unit, tempatberlangsungnyaoperasiperhitungandanlogika. Nama Processor, digunakanuntukmenggambarkanisi Control Unit dan ALU yang mengolahisi “Penyimpanan Primer”.
Karenapenyimpanan primer terbataskapasitasnya, diperlukansuatu area penyimpanantambahan yang disebutdengan “PenyimpananSekunder” yang menyediakantempatuntukmenyimpan program dan data saattidakdiperlukan. Program yang disimpan Software Library, Data yang disimpan Database, danHasilPengolahantersebutdicatatoleh Unit Output.

BentukPenyimpanan Primer :
-          RAM (Random Access Memory), untukmenyimpan software dan data. Memungkinkanoperasibacamaupuntulis, tetapijugadisebut Volatile, isinyahilangsaatdimatikan.
-          ROM (Read-Only Memory), jeniskhususpenyimpanan primer yang dapatdibacatetapitidakdapatditulis. ROM menyimpan material sepertiinstruksi-instruksi yang memberitahukan computer apa yang harusdilakukansaatdinyalakan. Bersifat Non-Volatile, isinyatidakterhapus/hilangsaatdimatikan.
-          Cache Memory, perpindahaninstruksi program dan data antaraPenyimpanan Primer dan Processor (Control Unit dan ALU) dicapaipadakecepatan yang sangattinggi. Sejumlah computer mampumencapaikecepatan yang sangantinggidenganmenyertakan RAM khusus yang sangatcepatdansanganmahal yang ditempatkanantara RAM Biasadan Processor. RAM jenisinidikenalsebagai Cache Memory.











Software

Perangkat lunak terbagi menjadi dua yaitu:
Perangkat Lunak Sistem
a.    Perangkat lunak yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.
b.    Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem :
                  A.    Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada enam fungsi dasar sistem operasi :
1.    Menjadwalkan Tugas
2.    Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
3.    Menjaga keamanan sistem
4.    Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
5.    Menangani Interrupt
6.    Menyiapkan catatan pemakaian
                                   
 B.    Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.
C.    Penerjemah Bahasa Komputer
                               D.    Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
                               E.    Bahasa Generasi Kedua, Assembler
                               F.    Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
                           G.    Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan. Di Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat :
1.    Database Query Language
2.    Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
3.    Very High Level Language : PASCAL, APL
4.    Graph Generators : paket grafik
5.    Report Writer : COBOL, RPG
6.    Aplication Generators : program aplikasi pembayaran gaji
Perangkat Lunak Aplikasi
Pemrograman Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
Paket Jadi
Ada empat kelompok besar :
1.    Paket Aplikasi Bisnis Umum
2.    Paket Aplikasi Khusus Industri
3.    Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
4.    Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan


PERANAN PERALATAN INPUT DAN OUTPUT SERTA SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH

Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.

KESIMPULAN

Dalam sebuah computer terdapat komponen-komponen yang saling mendukung agar dapat terjadinya suatu pemrosesan data yang di input menggunakan alat input dan di tampilkan menggunakan alat output.Disamping itu sebuah system operasi mempengaruhi sebuah pemrosesan di CPU karena system operasi sama halnya dengan otak pada manusia yang mengatur segala proses input output dan penyimpanannya.








0 comments:

Post a Comment